08 Oktober 2010

Audio hadits arbain nawawi 18


Quantcast
Dari Abu Zar, Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman, Mu’az bin Jabal radhiallahuanhuma dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam beliau bersabda : Bertakwalah kepada Allah dimana saja kamu berada, iringilah keburukan dengan kebaikan niscaya menghapusnya dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik “ (Riwayat Turmuzi, dia berkata haditsnya hasan, pada sebagian cetakan dikatakan hasan shahih).

Riwayat hidup Abu Dzar itu banyak. Ia masuk Islam ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam masih di Makkah dan beliau menyuruhnya kembali kepada kaumnya. Namun ketika Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam menyaksikan tekadnya untuk tinggal di Makkah bersama beliau, maka Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam tidak mampu lagi mencegahnya.
Sabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam kepada Abu Dzar “Bertaqwalah kepada Allah di mana saja engkau berada dan susullah sesuatu perbuatan dosa dengan kebaikan, pasti akan menghapuskannya”.
Hal ini sejalan dengan firman Allah : “Sesungguhnya segala amal kebajikan menghapus segala perbuatan dosa”. (QS. Huud : 114)
Sabda beliau “bergaullah sesama manusia dengan akhlaq yang baik” maksudnya bergaullah dengan manusia dengan cara-cara yang kamu merasa senang bila diperlakukan oleh mereka dengan cara seperti itu. Ketahuilah bahwa yang paling berat timbangannya di akhirat kelak adalah akhlaq yang baik. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda : “Sesungguhnya orang yang paling aku cintai di antara kamu dan yang paling dekat kepadaku posisinya pada hari kiamat adalah orang yang paling baik akhlaqnya diantara kamu”.
Akhlaq yang baik adalah sifat para nabi, para rasul dan orang-orang mukmin pilihan. Perbuatan buruk hendaklah tidak di balas dengan keburukan, tetapi dimaafkan dan diampuni serta dibalas dengan kebaikan.
Pelajaran yang terdapat dalam hadits / الفوائد من الحديث :
1.     Takwa kepada Allah merupakan kewajiban setiap muslim dan dia merupakan asas diterimanya amal shalih.
2.     Bersegera melakukan ketaatan setelah keburukan secara langsung, karena kebaikan akan menghapus keburukan.
3.     Bersungguh-sungguh menghias diri dengan akhlak mulia.
4.     Menjaga pergaulan yang baik merupakan kunci kesuksesan, kebahagiaan dan ketenangan di dunia dan akhirat. Hal tersebut dapat menghilangkan dampak negatif pergaulan.
untuk mendapatkan dan mendownload hadits arbain nawawi 18 ini, maka kami akan berikan alamat-nya di bawawh ini. dan kami juga sebelumnya telah memposting hadits arbain nawawi yang ke 1 yaitu hadits tentang niat dan penting-nya niat untuk setiap amal perbuatan, danhadits arbain nawawi ke 2 yang menerangkan iman islam dan ihsan, dan hadits arbain nawawi ke 3 yang menerangkan tentang rukun islam, dan hadits arbain nawawi ke 4 yang menerangkan tentang nasib manusia dan hadits arbain nawawi 5 yang menerangkan halal dan haram telah jelas dan hadits arbain nawawi 6 yang menerangkan halal dan haram dan hadits arbain nawawi 7 yang menerangkan agama adalah nasihat dan hadits arbain nawawi 8 yang menerangkan perintah memerangi orang-orang yang muratd, na’udzubillah wal iyadu billah danhadits arbain nawawi 9 yang menerangkan melaksanakan perintah sesuai dengan kemampuan dan hadits arbain nawawi 10 yang menerangkan makan dari rizki yang halal dan hadits arbain nawawi 11 yang menerangkan meninggalkan keragu-raguan dan hadits arbain nawawi 12 yang menerangkan perintah untuk meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat dan hadits arbain nawawi 13 yang menerangkan untuk mencintai saudara seperti mencintai diri sendiri dan hadits arbain nawawi 14 yang menerangkan larangan berzina, membunuh tanpa hak, dan murtad dan hadits arbain nawawi 15 yang menerangkan tentang berkata baik atau lebih baik diam dan hadits arbain nawawi 16 yang menerangkan buruk-nya marah dan larangan marah yang bukan karena Alloh dan hadits arbain nawawi 17 yang menerangkan berbuat baik dalam segala urusan
untuk mendownload audio mp3 hadits arbain nawawi 18 ini silahkan klick gambar atau link di bawawh ini
untuk mendownload audio mp3 hadits arbain nawawi 18 dengan syaihk dan qori yang berbeda silahkan klick di bawawh ini

Tidak ada komentar: